Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 28 November 2012

JERAT SEO, langkah SEO dan kenapa harus SEO


MaheSa Guru, Jerat SEO, Kenapa harus SEO? Pentingkah SEO?,
Halo Blogger mania di manapun berada. Sudah bertahun-tahun yang lalu dari semenjak pertama kali munculnya sistematis algoritma baru yang kita kenal dengan SEO di dunia maya ini (website, blog, dll).

Namun seperti tak pernah selesai, sampai sekarang pun SEO masih hangat untuk diperbincangkan.

Dari tingkat pemula sampai para ahli, master ataupun tingkat professional lainnya, seakan tak pernah habis untuk terus mendalami tentang SEO.
Sebenarnya seberapa pentingkah SEO itu ?
Apa saja peranan dan atau pengaruh SEO dalam pengoptimalan blog / website kita ? .


Sebelum melangkah lebih jauh ke pembahasan selanjutnya, Yuk mari kita sedikit bernostalgia dengan mengenang kembali sejarah singkat SEO.
Sejarah singkat SEO ini saya kutip dari kutipan. :D


Sejarah singkat SEO ( Search Engine Optimization )
Danny Sullivan, juli 1997 sejak pertama kalinya muncul istilah SEO, Menurutnya pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks, sehingga akan dengan mudah untuk bisa di manipulasi oleh para weber ataupun blogger.

Sebelum munculnya SEO, algoritma pencarian sepenuhnya di dasarkan atas informasi yang disediakan blogger / weber atau bahasa bekennya WEBMASTER. Hal itu sering disalah gunakan oleh para webmaster dengan memasukkan meta tag yang berisi sekumpulan keyword palsu yang tidak sesuai dengan isi konten yang sesungguhnya. Sehingga mesin pencari sering salah memberikan informasi yang relevan dan dalam memeringkat suatu situs.

Tentunya hal seperti itu sangat merugikan, baik dari pihak pengguna internet yang sedang membutuhkan informasi yang relevan, akurat serta berkualitas ataupun dari mesin pencari itu sendiri.


Dan atas alasan itula SEO ada, namun meski algoritma mesin pencari sudah semakin berkembang dan lebih akurat, toh masih banyak juga situs-situs phising yang lolos dari serbuan pasukan panda dan penguin yang dipimpin ole panglima perang (google), Memang sih dimana-mana manusia itu memang lebih hebat daripada robot (robot google), meski terkadang manusia juga sering lebih lambat cara kerjanya. Hehe katanya sejarah singkat,tapi kok panjang kali pendek = agak panjang. :D


Blogger harus santai, SEO itu simple,
Buat blogger pemula seperti saya ini (khususnya dulu), waktu pertama kalinya saya mulai mengenal apa itu SEO, dari itu saya belejar sedikit demi sedikit mendalami SEO, banyak langkah-langkah SEO yang mulai saya pelajari dan kemudian saya terapkan. Namun tak jarang saya malah mendapatkan hasil yang justru sangat mengecewakan, mungkin karena ada langkah yang kurang tepat ataupun juga karena saya yang terlalu berlebihan dalam menerapkan SEO. Sehingga hasilnya malah berbanding terbalik, Artinya jangan terlalu berambisi dan terjerat oleh SEO!!
Sebagai contoh : mungkin sobat semua sudah pernah mendapati sebuah blog yang katakanlah sudah lumayan, Sudah mendapatkan PR google dan rank alexa juga sudah bagus, namun tiba-tiba sebagian besar artikelnya lenyap dari mesin pencari tanpa alasan yang jelas. Mungkinkah itu karena telah melakukan optimasi yang kurang tepat,berlebihan atau yang lainnya? Tapi untuk saat ini saya tidak akan membahas itu dulu.


Baik sekarang saya akan membahas inti dari postingan kali ini, namun perlu saya tegaskan bahwa ini bukanlah tutorial maupun cara atau teknik SEO, melainkan ini semata-mata hanya sharing aja alias curhat dari pengalaman saya secara pribadi, yang dari pengalaman itu saya jadi memiliki sebuah asumsi yang mungkin berbeda dengan asumsi sobat dan yang lainnya. Asumsi yang saya maksudkan disini adalah seputar penting atau tidaknya langkah SEO dalam tanda kutip menggunakan cara atau metode di bawah ini :




PING (packed internet gopher)
Mungkin PING adalah cara pengoptimalan yang paling mudah dan simple, tapi benarkah PING itu bisa mempercepat index dari suatu artikel, apakah dengan melakukan PING ada jaminan kalau nantinya artikel kita lebih cepat terindex oleh mesin pencari?
Sudah puluhan kali saya membuat blog,dari yang pertama di blogspot,kemudian pindah ke mywapblog,xtgem,wen.ru,wordpress,blogdetik,weebly (platform blog yang cukup kaya fitur tapi masih asing) dan beberapa waktu yang lalu ke indowapblog (platform blog asli indo),dan sekarang kembali lagi ke blogspot (insyaallah ini blog terakhirku).


Dari sekian waktu saya berkiprah di dunia blogging, saya sudah sering melakukan uji coba dengan PING, tapi sepertinya PING itu tersebut jika dilakukan secara teratur tetap saja tidak akan menghasilkan sesuatu yang signifikan, malahan jika kita terlalu sering melakukan ping, yang ada bisa-bisa blog kita akan terindikasi SPAM oleh mesin pencari.
Tapi jika sobat masih beranggapan bahwa ping itu adalah hal pokok yang harus dilakukan setiap menerbitkan artikel, saya punya rekomendasi untuk sobat melakukan ping, yaitu di blogsearch.google.com/ping, disitu kita Cuma perlu memasukkan RSS/Atom saja tanpa harus melakukan ping satu persatu dari setiap artikel (cape deh).


Web/blog directory
Berbicara tentang blog directory rasanya erat sekali kaitannya dengan technoraty(dot)com, tapi lagi-lagi meskipun kita telah berhasil mendapatkan verifikasi dari sana ya tetap aja percuma kalau artikel kita tidak berbahasa inggris. Mungkin sobat bisa mencari alternatif blog directory lain yang mendukung penuh pada blog yang kontennya berbahasa Indonesia.


Bookmarking
Kalau yang ini menurut saya cukup penting, selain sebagai link building cara ini telah terbukti mempercepat index artikel, dalam arti yang terindexnya cepat itu artikel kita yang di submit kesana, bukan artikel original kita.hehe,
Sebagai contoh jika kita submit artikel ke lintas.me, untuk blog baru biasanya yang lebih dulu terindex adalah artikel kita yang di lintas.me, sementara artikel kita yang asli sama sekali belum terindex. Tapi itu tetap berguna karena nantinya dari lintasme akan langsung dialihkan ke blog kita. Selain itu kita juga akan mendapat beberapa backlink dari lintasme, Lumayan kan?


Alexa(dot)com
Biarpun ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan google, tapi alexa sangat efektif untuk menghitung jumlah backlink yang kita miliki, selain itu kita juga akan mendapat beberapa backlink dari alexa jika telah mendaftar dan memasang widgetnya. Dan paling tidak rank alexa itu juga dibutuhkan untuk seorang blogger, khusunya blogger pembisnis.


Terus apalagi ya, hehe ya sudahlah ini aja juga sudah terlalu panjang. Terakhir, yang penting dalam membuat artikel adalah buatlah artikel yang serapi mungkin, tetep perhatikan takaran atau porsi keyword, dan yang paling penting usahakan artikelnya enak dibaca dan kata-katanya mantap.ckckck (aku sendiri aja belum bisa), Sehingga nantinya orang yang membaca artikel kita tersebut akan tersugesti dan bahkan akan ketagihan untuk terus membaca artikel kita selanjutnya, kalau sudah seperti itu ya ABRAKADABRA maka jadilah dia pengunjung tetap, dan yang tidak kalah penting adalah blogwalking. Selain itu untuk mempromosikan blog/mengenalkan blog, tentunya itu juga cara yang paling lazim dan efektif untuk membangun backlink.
Baca juga artikel tidak terkait :D --> Download film horror barat terbaru wrong turn 5


Sekian dari saya, Salam MaheSa Guru.



Maaf artikel ini agak error karena tadi nulisnya di Microsoft word, hehe




Ditulis Oleh : Mahesa Guru ,Sharing seputar Pengetahuan tanpa batas, Dunia dalam genggaman, Membuka Tabir, Mengungkap rahasia.

Artikel JERAT SEO, langkah SEO dan kenapa harus SEO ini diposting oleh Mahesa Guru pada hari Rabu, 28 November 2012. Komentar baik kritik maupun saran selalu kami tunggu,meskipun terkadang nunggunya sambil tidur.

:: TERIMA KASIH ! ::

13 KOPROL:

Reo Adam mengatakan...

salam silahturrahmi mas
seo.....penting juga,tapi klu over bisa makan diri hehe

Mahesa Guru mengatakan...

hehe begitulah kang reo (mungkin).hehe

Supercoolzz mengatakan...

ane masih bingung masalah SEO nih gan..:'(

Mahesa Guru mengatakan...

ane sebenere juga masih belum ngerti gan,hehe

msdani mengatakan...

mantab nih bos artikel SEO nya, dari dulu belajar SEO belum berhasil mencapai target visitor nih hehe, semoga denga baca tulisan masbos ini sy bisa ningkatin visitor :), oya thx buat kunjungannya

Marizka Zuverzeck mengatakan...

ok..
nice share,..
kunjungan malam ne gan,..
:)

Yogi Prasetian mengatakan...

Bener2 newbie soal SEO..
Makasih tutor nya gan..

Mahesa Guru mengatakan...

masdani@ amin kan, saya juga lagi berjuang dengan blog baru neh.

Mahesa Guru mengatakan...

San@ oke detektif, makasih kunjungannya. hehe

Mahesa Guru mengatakan...

yogi@ ane juga masih newbie kang.

Guru Pantura mengatakan...

Hmmm, artikel yang bagus pak, bisa memberikan pencerahan bagi saya yang baru belajar ngeblog :)


salam,

Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa mengatakan...

.. waduch,, aq gak paham nich tentang seo. huhh ..

Nafi mengatakan...

lagi-lagi SEO... wah wah wah, saya masih cupu dibidang ini

Posting Komentar

Harap ketikkan komentar dengan tangan!!! hehe